conversation in a barbershop and having “ayat-ayat cinta”

February 27, 2008 § 1 Comment

time is never time at all
and you can never ever leave
without leaving a piece of youth

and our lives are forever changes

we will never be the same

the more you change the less you feel

– [Tonight, Tonight], Smashing Pumpkins

kemarin aku memutuskan untuk motong rambut gondrongku yang sangat emo-look itu. ya, aku ingin tampil rapi. bukan cuma karena besok Sabtu harus nganter proposal KP ke PT. Kertas Leces (Persero), tapi juga karena terinspirasi tokoh Fahri dalam novel “Ayat-Ayat Cinta” yang aku beli setelah tahu kalo kuliah PBPAM dosennya absen.

abis pulang dari Gramed, aku mampir bentar ke warnet -sebuah warnet yang menurutku paling nyaman di dunia dengan AC dingin dan suasana galeri seni- sambil ngedit tampilan blog ini.

sebelum dan sesudah shalat Maghrib aku nyempetin mbaca komen-komen di halaman depan novel itu. Masya Allah, belum sempat baca novelnya air mataku udah netes karena banyak banget orang2 yang terinspirasi akan novel ini…
yah, itulah tujuanku beli novel ini. membuktikan provokasi, referensi dan cerita teman-teman tentang kedahsyatan novel ini.
tapi ulasan lengkapnya nanti setelah aku menamatkan, sekarang masih bab 14 “Dijenguk Sahabat Nabi”.

sudah 4 bulan ini aku ndak ke tempat yang bernama “pangkas rambut elok” itu. di sana seperti biasa, para pelanggan disambut dengan ramah oleh karyawan-karyawan… aku kebetulan kebagian orang baru.

ditengah-tengah pemotongan rambut (halah!), aku baru nyadari kalo di sampingku ada Pak Wahab, mantan tetangga depan rumahku, bersama Hamzah, putra keduanya.
jadinya acara potong rambut itu penuh dengan obrolan lepas sambil mengenang masa lalu…

Pak tukang cukur yang paling senior, yang motong rambut Pak Wahab yang botak di tengah (hehehe..), berkali-kali ngingetin aku tentang saat aku kecil dulu yang selalu potong rambut ke tempat ini bersama Bapak, juga waktu aku masih harus diganjel kayu dudukan karena tubuhku yang mungil tidak mengijinkan kepalaku menyembul keluar dari batas kursi (duh bahasanya… hehehe, maklum lagi terpengaruh “Ayat-Ayat Cinta”, Subhanallah).

aku secara spontan terharu mendengar itu… ternyata aku dan keluargaku dipandang baik dan dihormati oleh orang-orang yang hanya kami kenali lewat pertemuan yang hanya 3-4 bulan sekali itu. Subhanallah…
obrolan itupun semakin panjang dengan ceritaku tentang kuliah dan keusilan Pak Wahab yang bilang kalo aku udah lama ndak potong rambut karena sibuk pacaran🙂

sekali lagi…
aku berkata dalam hati.

pacaran?
emang perlu?

aku takut sekali… sama seperti Fahri.
aku ndak bisa terlalu berdekatan secara fisik dengan cewek sejak dulu.
sepertinya sudah naluri.
atau juga hidayah dari Nya…
cuma satu orang yang bisa waktu SMA… itupun status kami ndak jelas.
bisa dibilang pacaran, tapi bisa dibilang ndak.
juga dengan sangat sopan, tidak terlalu dekat secara fisik.
dan seorang juniorku di kampus yang juga temen deket -sahabat-, mengingatkanku pada Maria Girgis. tapi bedanya juniorku ini Muslim dan akhlaknya sama seperti anak yang ber-hijab (memakai kerudung) meskipun ia tidak memakainya, meskipun dia pacaran…

tapi mulai sekarang saya telah tegas…

say no to pacaran

 

cinta tidak harus dinyatakan dengan berpacaran.
karena banyak sekali hal-hal dalam pacaran yang melanggar syar’i.
(akan aku bahas lebih detil dengan dalil-dalilnya setelah aku menamatkan “Ayat-Ayat Cinta”).
tapi bukan berarti nggak boleh mencintai seorang cewek.
aku sekarang mencintai seseorang, tapi itu tadi… harus ditahan, karena Allah.
mencintai lawan jenis adalah manusiawi, tapi batasannya adalah fisik dan pandangan yang terjaga.

saya takut berduaan dengan non-muhrim, yang sudah sangat jelas dalilnya bahwa itu tidak boleh.
dan minggu-minggu ini betapa luar biasa nikmat Nya…
Dia menggantikan segala cintaku kepada Nya dengan banyak sekali hal-hal indah.
Alhamdulillah, terima kasih Ya Rabbikum…

waktu memang terus berjalan…
tak terasa aku udah hampir 21 tahun.

Tagged: ,

§ One Response to conversation in a barbershop and having “ayat-ayat cinta”

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading conversation in a barbershop and having “ayat-ayat cinta” at chasing the pretty rainbow™.

meta

