ITS CAK! (cerdas.amanah.kreatif)

March 21, 2008 § 10 Comments

And we fall asleep again with ties to mend
So please let the cleaning begin with evolution
Hold my breath ’til communication is
Only just a test
– In The Morning and Amazing, Circa Survive
dsci0001.jpg

Poster gede di bundaran ITS

Tanggal 14 Maret 2008. Sore itu aku diminta tolong Ari untuk jadi fotografer Rapat Umum
Mahasiswa Jurusan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS (RUMJ HMTL-ITS). Dia berwenang untuk nyuruh aku karena posisinya adalah ketua Dewan Perwakilan Angkatan (DPA).

Sebelum rapat itu (sekitar pukul 16.30), aku ngerasa bosen banget di kampus. Trus aku ambil motor Vega R kesayangan dan tancap gas. Tujuan utamaku adalah njepret selat Madura di Kenjeran.

Ternyata, selat Madura waktu itu lagi laut pasang. Permukaan airnya jadi tinggi. Jadi jelek deh lautnya, warnanya coklat susu… hhhh. (kecewa).
Yah, gak jadi ngambil gambar di sana. Bener2 mengherankan. Padahal waktu pagi… Kenjeran tampak indah banget. Apalagi pas sinar matahari dipantulkan ma air di sana… suasananya jauh beda dengan pas sore hari, yang penuh orang2 pacaran (astaghfirullah!).

Akhirnya balik lagi ke kampus.

Nah, pas mau masuk ke gerbang ITS deketnya bundaran ITS, mataku menangkap sesuatu. Ada poster gede yang cukup mencolok…

ITS CAK! (cerdas.amanah.kreatif)

Cukup menggetarkan hati, luar biasa banget orang yang punya ide mengganti semboyan “ITS CUK!” (cerdas.ulet.kreatif) itu… salut buat sampeyan!

Temen2 yang nggak setuju ma semboyan baru ini tampaknya harus bisa memahami. Ini nggak sekedar “penghalusan” ato gimana. Tapi pahami bener2 konotasi semboyan baru dan lama.

“ITS CUK!” konotasinya buruk, because of sangat kental dengan kata “mutiara” orang Surabaya…
sangat kasar apabila didengar oleh telinga orang luar Surabaya (yang dari Jawa Timur & Jawa Tengah).

Kalo “ITS CAK!”, kan kedengarannya lebih “soft” gitu… nggak bikin orang mangkel. Selain itu juga masih menggunakan kata2 khas Surabaya, yaitu “Cak” alias “Mas (panggilan kpd ikhwan)”. Juga sama-sama menjadi kata sapaan seperti “Cuk!” di atas.

Yang perubahannya mencolok dari arti katanya adalah “Ulet” menjadi “Amanah”.
Menurutku, mungkin si pembuat semboyan baru menganggap ulet itu hampir sama dengan “Cerdas” dan “Kreatif”. Makanya, kok kayaknya cenderung boros kata. Terus dia ganti dengan kata “Amanah”.

Kata “Amanah” ini kayaknya mantap kok dijadiin semboyan. Kan kembali pada hakikat mahasiswa..
Bahwa kita diberi amanah untuk jadi generasi yang mampu membangun bangsa Indonesia agar bangkit dari keterpurukan yang berkepanjangan setelah lulus nanti.
Bahwa kita juga diberi amanah oleh orang tua kita untuk belajar sungguh-sungguh di kampus
perjuangan ini…

Mungkin begitu.
Kalo menurutmu gimana?

Tagged: , ,

§ 10 Responses to ITS CAK! (cerdas.amanah.kreatif)

  • Hasan Seru says:

    Pak Probo dulu pernah bilang hal ini [kalau gak salah waktu Dies Natalies yang bincang2 sama Cak Nun dan Pak Ary Ginanjar].
    Kata A dulu Adaptif, tp skrg diganti Amanah. Bagiku CUK atau CAK yang penting artinya bagus🙂 btw, CUK menurutku biasa,kalau huruf U diganti sama huruf O baru mantep kata mutiaranya.
    Aku pernah usul. ITS YUK
    Y=Yakin
    U=Ulet
    K=Kreatif
    Kan ada yang protes kok “CAK”? padahal CAK m =kakak lelaki..kalau yang perempuan gimana? Ya aku usul YUK..hahaaa komentar yg aneh ya?

    ghaniarasyid answers :
    Ooooh… ya maklum, anda kan anak BEM. Saya nggak tahu apa2 karena kerjaannya pacaran sama internet melulu…😀 Waduh, bener juga sampeyan. “Yuk”-nya ketinggalan ya? Salah mas, “Yuk” itu bukan Suroboyo. Yang bener “NING”😀

  • Hasan Seru says:

    Ooooh… ya maklum, anda kan anak BEM.

    saya bukan anak BEM, mas… hehee9x… Yo, bener juga Cak & Ning. aku ingatnya di Gresik, sebutane Cak dan Yuk🙂

    ghaniarasyid answers :
    haiyah… hehe. Gresik karo Suroboyo ternyata beda yo?

  • Arif says:

    CAK harusnya tuh CUK men!!!

    Gag keren blas,ilang ntar pengaderan!!!

    Masak Boyo ngomong Sopo iki CAK???

    Yang bener tuh Boyo ngomong Sopo iki CUK!!!

    ghaniarasyid answers :
    Hahaha. Sabar Rek! Yo kan isok ae Boyo-ne dadi alim ngono. Sip! Komen “panas” koyo ngene iki sing ta enteni!

  • Chiw says:

    nek menurutku masih tetep manstab sing CUK yo…
    mboh se, wes dadi tretmark kale…

    ITS CAK iku meski diucapne gawe intonasi esmosi endak seru blas…

    tapi… mbuh maneh neh pisuhane Suroboyo diganti “Juncak”😆

    ndak ngerti maneh aku…nggak melok melok…

    ghaniarasyid answers :
    Iyo, bener. Jargon sedari dulu kala, pendahulu kita. CAK juga agak piye gitu… jadi panggilan ke Mas… Mboh ah, nanti malah kena skors rektorat nek ngritik mereka
    😆

  • Chiw says:

    kok komene dimoderasi?😦

    ndak seruuu…

    *demo sak kampus😆 *

    ghaniarasyid answers :
    Ini untuk menghindari… itu tu…
    😀

  • aRuL says:

    apapun itu jargonnya, yang penting bagaimana implementasinya di masyarakat🙂

    ghaniarasyid answers :
    Iya, yang penting yel-yelnya tetep!! VIVAT!!!!😀

  • ucuph says:

    download logo its cak dimana yaaa?????????/

  • ya di website-nya ITS tho…
    gimana sampeyan ini -_-“

  • kenarrox says:

    haha belajar ilmu linguistik sek mas, ulet kok podo karo cerdas ambek kreatif😀

    lagian amanah lebih cocok bwt jargonnya pejabat/pemerintahan.
    beda ama ulet yg notabene lebih cocok untuk lingkup akademisi/penelitian

  • ^
    ini kayaknya nggak memahami postingan, fast reading detected -_-”
    amanah buat mahasiswa kan supaya mereka punya kesadaran dalam membuat bangsa dan negara menjadi maju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ITS CAK! (cerdas.amanah.kreatif) at chasing the pretty rainbow™.

meta

%d bloggers like this: