ramadhan, here we come!

August 31, 2008 § 14 Comments

Hai orang-orang yang beriman
diwajibkan atas kamu berpuasa
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu
agar kamu bertakwa (Al Baqarah : 183)

Marhaban yaa Ramadhan

Marhaban yaa Ramadhan

Alhamdulillah, pada tanggal 1 September 2008 ini semua umat Islam Indonesia mulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun 1429 Hijriyah. Dan alhamdulillah juga, pada puasa Ramadhan kali ini semua elemen dan ormas Islam di Indonesia memulai puasa pada saat yang bersamaan, tidak ditemui awal puasa yang mendahului ketetapan dari pemerintah.

Rasanya sudah tidak sabar menunggu saat sahur nanti, ini benar-benar bulan yang dinanti-nantikan, bulan dimana semua kegiatan ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah azza wa jalla. Yaitu bulan di mana dosa-dosa yang kita perbuat akan diampuni apabila kita bertaubat dan melaksanakan ibadah dengan ikhlas, mengharap ridha dari Allah semata. Media massa sudah mulai mempersiapkan tema-tema yang berkaitan dengan Ramadhan. Begitu juga dengan suasana di jalan-jalan dan tempat-tempat umum. Nuansa Ramadhan sudah begitu terasa beberapa hari menjelang hari pertama puasa Ramadhan ini.

Puasa, baik puasa spesial (bulan Ramadhan) maupun puasa Sunnah yang terdapat tuntunan dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam lainnya, intinya adalah menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, meskipun hal tersebut adalah halal hukumnya. Ibadah puasa Ramadhan ini spesial karena bertepatan di dalam bulan suci dimana Allah telah menjelaskan dalam firman-Nya :

Artinya : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” [Al-Baqarah : 185]

Juga berdasarkan salah satu sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam :

Artinya : “Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para syetan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu-pintu neraka, tidak ada satu pintu-pintu yang dibuka dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pintu-pun yang tertutup, berseru seorang penyeru ; “Wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Allah mempunyai orang-orang yang dibebaskan dari neraka, itu terjadi pada setiap malam” [Diriwayatkan oleh Tirmidzi 682 dan Ibnu Khuzaimah 3/188 dari jalan Abi Bakar bin Ayyasy dari Al-A’masy dari Abu Hurairah. Dan sanad hadits ini Hasan]

Apalagi, di bulan Ramadhan ini suasananya memang sangat “lain” dengan bulan-bulan selain Ramadhan. Tempat-tempat hiburan ditutup, orang-orang bersikap lebih santun dan banyak sekali acara-acara yang dikemas dengan tema Ramadhan. Dan di beberapa instansi terkadang ada pengurangan jam kerja untuk menghormati karyawan yang sedang menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Dan di bulan Ramadhan ini, ada semangat yang membara dalam hati saya untuk menyempurnakan ibadah-ibadah yang ada di dalamnya. InsyaAllah saya ingin mengkhatamkan tadabbur Qur’an 30 juz, beserta kajian tentang tafsir Qur’an. Demikian juga dengan kegiatan di FSI Al Kaun (rohis Teknik Lingkungan ITS), saya diserahi amanah oleh Zaky ’06 sebagai ketua departemen Humas FSI Al Kaun. Agenda terdekat adalah menyiapkan publikasi untuk bedah buku dan pembuatan blog FSI Al Kaun yang insyaAllah bisa di-launching Tanggal 1 September 2008, bertepatan dengan awal bulan Ramadhan 1429 Hijriyah.

Ehm, kalau bicara tentang Ramadhan seperti ini, saya jadi ingat kembali kenangan sewaktu kecil yang masih polos-polosnya dulu:mrgreen: . Dulu waktu belum baligh (sampai dengan kelas 4 atau 5 SD), saya puasa dengan metode “Puasa Bedhug”, atau puasa tengah hari. Jadi, pada saat adzan Dhuhur (orang Jawa menyebutnya dengan “waktu bedhug”) terdengar, saya yang masih bocah waktu itu langsung minum dan minta dibuatin ma’em ke Ibu saya😛 .

Yang membuat saya beserta beberapa teman sepermainan yang masih bocah saat itu bimbang adalah; bagaimana kelanjutan puasa Ramadhan setelah berbuka di waktu Dhuhur itu (maklum karena masih bocah, belum tahu tentang dalil naqli maupun aqli tentang puasa:mrgreen: ). Karena, ada beberapa teman yang tetap melanjutkan puasanya setelah berbuka puasa di waktu “Bedhug” itu seperti apa yang saya lakukan (diajari oleh Ayah😛 ). Tapi ada juga yang setelah berbuka puasa “Bedhug” itu ndak melanjutkan puasanya. Tapi yah, namanya juga masih belum baligh, jadi sama orang tua juga ndak terlalu dituntut untuk puasa:mrgreen: . Dan lucunya, teman-teman yang “kelompok” ndak ngelanjutin puasa setelah berbuka waktu “Bedhug” itu, waktu Maghrib juga ikutan buka puasa lagi😆 .

Akhir kata, saya ucapkan…
Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1429 Hijriyah.

Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Karena mungkin Ramadhan ini menjadi Ramadhan terakhir bagi kita.

Ramadhan, here we come!😀

Tagged: , , , , ,

§ 14 Responses to ramadhan, here we come!

  • Insya Allah puasa Ramadhan yang kita jalankan diikuti dengan hati bersih, Marhaban Ya Ramadhan.

    ghaniarasyid™ answers :
    InsyaAllah, Amin yaa Robbal ‘alamin😀

  • aRuL says:

    rindu ittikaf di manarul🙂

    ghaniarasyid™ answers :😀

  • l5155st™ says:

    Jika dengar kata Bedhug…saya jadi ingat Bedugul…😦

    GA JADI KE SANA…

    gimana kalo kita ke sana lagi?

    Bedugulnya ajah, terus pulang…
    😀

    Semoga puasa ramadhan ini bisa menjadikan kita berlomba memperbanyak pahala dan taufiq dari Allah ‘azza wa jalla…

    ghaniarasyid™ answers :
    Uaduh, jadi teringat rencana yang belum terlaksana😦
    Yah, karena kita sudah jauh sekali dari Bali…
    Tafadhol, dilihat aja di uang kertas 50 ribuan:mrgreen:
    Amiin yaa Robbal ‘Alamiin…

  • nyurian says:

    dulu khan pernah komen di sini. kita tukeran link yuk.
    blog kamu udah ada di blog aku loh…

    http://nyurian.wordpress.com

    ghaniarasyid™ answers :
    Oalah, mas “Retorika”😀
    Boleh-boleh saya link-kan🙂

  • Fikar says:

    Selamat berpuasa…..

    ghaniarasyid™ answers :
    Wa iyyakum😀

  • eMo says:

    mat puasa yakkkkkss……. dah jalan 2 hari ni.. moga jalan terus ampe akhir..

    ghaniarasyid™ answers :
    Wa iyyakum, ukhti…😀
    InsyaAllah…

  • namada says:

    Semoga puasa kita lancar dan Allah SWT menganugerahi kesehatan agar kita bisa menyempurnakan ibadah di bulan yang penuh berkah ini..amin..

    Met Syiam yaa…

    ghaniarasyid™ answers :
    Amiin yaa Robbal ‘Alamiin…
    Wa iyyakum, akhi😀

  • bayu200687 says:

    assalamu’alaikum
    salam kenal (wis kenalan durung sih???)
    kang, blognya saya link ya

    ghaniarasyid™ answers :
    ‘Alaykumussalam wa rahmatullah.
    Sama-sama, belum kenalan kok:mrgreen:
    Tafadhol, akhi😀

  • wahyukresna says:

    selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan… semoga menjadi bulang masghfiroh bagi kita…

    ghaniarasyid™ answers :
    insyaAllah😀

  • awisawisan says:

    assalaamu’alaykum,,
    semoga mjd kan kita insan dgn derajat iman dan taqwa yg lebih
    semangat fastabiqul khairot, akh!

    ghaniarasyid™ answers :
    ‘Alaykumussalam wa rahmatullah.
    Amiin yaa Robbal ‘alamiin😀
    Wa iyyakum, ukhti!

  • Afra Afifah says:

    fastabiqul khoirot juga : )

    ghaniarasyid™ answers :
    Wa iyyakum, ukhty😀

  • mahfuzhoh says:

    afwan dah lama tak berkunjung…
    Ga tau kenapa. Baca tulisan ini jadi sedih😦

    ghaniarasyid™ answers :
    Ndak papa kok😀 .
    Laa tahzan, ukhti…

  • faisol says:

    terima kasih sharing info/ilmunya…
    selamat Berpuasa… semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin…

    mengapa kita masih didera malas beribadah, baik mahdhah maupun ghayru mahdhah…? untuk itu saya membuat tulisan tentang
    “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”

    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

    Ghani Arasyid’s answer :
    Sama-sama😀

  • erikmarangga says:

    Hmmm..Nice blog akhi. assalamu ‘alaikum. ane link k blog ane ya?

    Ghani Arasyid’s answer :
    ‘Alaykumussalam wa rahmatullah…
    Tafadhol, tapi jangan nyebarin SPAM ya!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ramadhan, here we come! at chasing the pretty rainbow™.

meta

%d bloggers like this: