DSDP 2 : all works finished today

September 5, 2008 § 33 Comments

Sudut kantor DSDP Bali

Sudut kantor DSDP Bali

Hari ini, Jum’at 5 September adalah hari deadline semua pekerjaan Denpasar Sewerage Development Project Bali tahap dua. Berarti apa yang kami kerjakan (yang kerja praktek di sana : Saya, Didit, Ridzky, Suta, Fajrin dan Putut) termasuk juga di dalamnya. Bener-bener tidak kepikiran dulu sewaktu pertama kali masuk ke sana, bahwa kami punya peranan penting dalam DSDP😀 .

Berarti, sudah tidak akan ada lagi kebersamaan dari para engineer consultant dengan karyawan-karyawannya yang kebanyakan adalah rekrutan dari mahasiswa dan mantan mahasiswa beberapa engineer consultant tersebut. Semuanya akan kembali ke pekerjaan asal masing-masing, kecuali yang memang asli consultant.

Ada banyak sekali kisah yang ingin saya ceritakan di kantor. Tapi mungkin yang paling berkesan dan menarik untuk diceritakan adalah sedikit argumen saya tentang beberapa karyawan DSDP, khususnya yang bekerja sebagai engineer di lantai dua. Karena, saya kurang berinteraksi dengan karyawan dan konsultan di lantai satu😳 . Berikut juga saya lampirkan denah lantai duanya. Mungkin tidak terlalu mirip persis, tapi insyaAllah sudah cukup komunikatif.

Denah lantai 2 kantor DSDP

Denah lantai 2 kantor DSDP. Note : warna merah yang sedang KP, mbak Eka '03 dua meja

Sayap kanan :

  • Pak Hidaka di DSDP bertindak sebagai Team Leader Pasific ConsuItant International, jadi dialah yang mengetuai konsorsium beberapa konsultan yang bersatu dalam pengerjaan DSDP. Beliau memiliki ruangan sendiri, dengan fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Saya sempat dua kali jadi drafter untuk Pak Hidaka, sewaktu meng-edit gambar Wet Pit Pumping Station dan Sludge Drying Bed Plan di IPAL Suwung. Yang paling berkesan, beliau sempat memberi kami roti khas Jepang dan ngasih saya penjelasan tentang beberapa hal dari Jepang, termasuk perbedaan huruf dan bahasa di Jepang. Oh ya, beliau juga pintar masak ternyata, sempat membuatkan makan siang para karyawan dengan menu kare Jepang:mrgreen: . Meskipun dia Team Leader, dia sangat ramah pada karyawan.
  • Pak Kobayashi adalah asisten teknik dari Pak Hidaka, orangnya ndak banyak bicara. Mengurusi sistem kelistrikan dari DSDP. Beliau juga legiun asing yang sangat menjaga tradisi. Buktinya adalah selalu membawa makanan Jepang dan dimakan dengan sumpit, tidak pernah makan di bawah yang menunya Indonesia😀 .
  • Pak Yu Wen berasal dari Taiwan. Kurang jelas beliau di bagian apa. Tapi dari apa yang selalu diucapkannya, “Don’t worry, I will check!”, sepertinya beliau konsultan bagian gambar teknik. Yang khas dengan beliau adalah selalu ke kantor naik sepeda angin kuno (bahasa Jawanya : sepeda jengki):mrgreen: .
  • Mbak Ni Putu Eka adalah senior saya di TL ITS angkatan 2002, asli Bali. Dia selalu kompak dengan Mbak Eka Wahyu dalam hal menceriakan suasana di lantai dua yang supersibuk dan stress karena deadline:mrgreen: . Dia di bagian koreksi gambar yang di-acc-kan dari dan ke Pak Yu Wen.

Sayap Kiri :

  • Bu Diani orangnya asli Bali. Tidak terlalu banyak kontak dengan kami meskipun meja kerjanya tepat di belakang saya. Beliau mengecek perhitungan-perhitungan dari drawing AutoCad serta dari excel. Katanya Didit, beliau mirip Bu Ipung, dosen kami di TL ITS😀 .
  • Pak Arjawa juga asli Bali. Beliau rupanya penggemar Casey Stoner karena menaruh beberapa foto Stoner di kaca meja kerjanya. Ciri khas beliau adalah selalu menyanyi saat mendengarkan lagu dari laptop lewat headset-nya:mrgreen: . Kurang jelas beliau di bagian apa untuk DSDP ini.
  • Pak I Ketut Sueden pekerjaan aslinya adalah dosen Teknik Elektro Udayana. Beliau adalah konsultan ahli DSDP di bidang electrical. Selalu punya humor-humor yang menceriakan suasana sumpek di lantai dua, juga dengan Mas Toni.

Atas :

  • Pak Sarwanto berasal dari Jakarta. Beliau menangani gambar-gambar konstruksi bangunan umum untuk DSDP beserta perhitungannya. Ciri khas beliau adalah selalu memakai jaket baik di dalam maupun di luar ruangan dengan kacamata geek-nya:mrgreen: . Jika suntuk, beliau selalu keluar ruangan untuk menghisap rokok.
  • Mbak Putri adalah senior kami di TL ITS, angkatan 2000. Cukup lama juga menyadari bahwa dia adalah senior kami:mrgreen: , sampai kami bertanya sendiri di sana. Awal Agustus 2008 dia ke Malaysia untuk di-training sebagai persiapan menjadi karyawan BLU-PAL Bali (Badan Layanan Umum Pengolahan Air Limbah). Di DSDP, dia ditugaskan menjadi drafter AutoCad.
  • Pak Nyoman bertugas sebagai penge-print dan peng-edit gambar-gambar dalam format AutoCad sebelum di-print. Orangnya ramah sekali pada kami. Tapi, tampaknya agak sulit bagi beliau untuk mengingat nama kami:mrgreen: .

Tengah :

  • Mas Toni adalah alumnus D3 Mesin ITS angkatan 2002, asal Madiun. Orangnya sangat pendiam, hanya bicara kalo disapa😦 . Potongannya mirip dengan pemain film Kung Fu😆 . Tapi jangan menyepelekan dia, dia adalah drafter yang sangat profesional di DSDP lho! Dia juga perokok berat, sehari di kantor bisa habis berbatang-batang rokok!
  • Mbak Eka Wahyu ini alumnus TL ITS angkatan 2003, asal Solo. Dulu identik dengan SC-nya HMTL ITS yang selalu membela Maba:mrgreen: . Sebagai mentor kami juga di DSDP ini, sering ngajari sesuatu yang tidak kami mengerti dalam pengerjaan. Mejanya ada dua karena ada satu meja tambahan yang ditempati PC-nya Dewo, putra Bu Ratih, bendahara umum DSDP. Dia bertugas sebagai staf gambar dan olah data DSDP.
  • Mas Surya seangkatan dengan Mbak Eka Wahyu, asal Bali. Dia di DSDP bertugas sebagai koordinator lapangan untuk survey dan editor peta jaringan DSDP. Di kampus dulu, dia sangat jago basket😀 . Dia juga sebagai mentor kami di DSDP ini.
  • Mas Agus adalah senior kami angkatan 1996, asli Bali. Orangnya sangat cool, karena membawahi karyawan yang ada di meja-meja bagian tengah. Dia juga yang sempat membantu saya untuk meng-koneksikan laptop ke WiFi-nya DSDP. Yang jadi ciri khas dia adalah, selalu bawa makan siang dari rumah, bikinan ibunya😀 .
  • Mas Rai adalah lulusan Poltek Sipil Udayana yang juga sedang mengambil S1. Orangnya berperawakan kecil, tapi sangat aktif. Agak tidak terlalu banyak bicara, tapi ramah pada kami. Sangat ekspert juga sebagai drafter AutoCad.
  • Pamela adalah salah seorang apprentice di DSDP yang dibawa oleh Bu Ati Hartati, dosen kami, dengan perantara putri beliau. Asal Universitas Katholik Parahyangan Bandung. Bertugas sebagai designer pamflet dan media sosialisasi untuk DSDP. Yang jadi ciri khas dia adalah selalu ngemil!😆 .

Demikianlah yang bisa saya ingat dan utarakan di postingan ini tentang personel DSDP. Alasan kenapa saya tidak menulis tentang karyawan di lantai satu adalah karena kami tidak sering berinteraksi dengan mereka, yang kebanyakan mengurusi administrasi DSDP.

Semuanya akan menjadi kenangan mulai hari ini. Tapi akan selalu tersimpan pengalaman kerja di sana dalam memori ini, sebagai bekal untuk masa depan. InsyaAllah🙂 .

Ditulis setelah makan sahur, Jum’at 5 September 2008.

P.S. : Kalo ada yang kurang atau salah dari data di atas, mohon dikoreksi. Saya menuliskan apa yang masih tersisa dalam ingatan ini:mrgreen: .

Tagged: , , ,

§ 33 Responses to DSDP 2 : all works finished today

  • l5155st™ says:

    Pamela itu PamPimPum yah…???

    “saya pesan Kopi saja, pak…!”

    Pak Arjawa konsernya kapan…???😀

    ghaniarasyid™ answers :
    Iya😀
    Hehehe:mrgreen:

  • l5155st™ says:

    Lha iya, kok sempat – sempatnya bikin denah kayak ginian…???😦

    ghaniarasyid™ answers :
    Untuk membangkitkan semangat dari masa lalu, apa salahnya?:mrgreen:

  • riza says:

    iya, kok sempat ya. tapi lumayan juga buat kenangan

    ghaniarasyid™ answers :
    Hee:mrgreen:

  • eka says:

    Assalamualaikum..
    Buteeeeeeeeeeet….kok yah masie inget toH!!
    tp ciri2 khasnya ada yg g bener ney..pada marah Loh!?=P
    tp pengakuan dr PakMan dari dlm hati yg plg dalem…”iya..aq emang susah bget loh nginget nama mreka?!”..ha2..
    Hueee..protes lg nech..”Dia bertugas sebagai staf gambar dan olah data DSDP.”
    salah tuh..tar taktuntut secara perdata Loh!!pencemaran nama baik..-Loh kok..he3..-
    Heh..yg lebie salah lg..Ray kok “Agak tidak terlalu banyak bicara, tapi ramah..” ATAS NAMA SELURUH PENGHUNI KANTOR DSDP LANTE 2 KAMI TIDAK SETUJU!!!=D
    But Anw thx bget jasa2 xan tiada tara di DSDP tercinta ini..huekekek..
    Keep in contact yach!!

    ghaniarasyid™ answers :
    ‘Alaykumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.
    Waaaa, ini mbak Eka yang ta komentari di postingan ini!!!😯
    Aaaaa!!!😯
    Pada marah???!!!😯
    Hahaha😆
    Maaf!!! Maaf!!!
    Kan saya sudah tulis di akhir postingan bahwa yang saya tulis di sini adalah “yang tersisa dari ingatan”.
    *siap-siap pesan pengacara*
    Hee:mrgreen: .
    Sama-sama, anda semua yang ada di DSDP akan selalu kami ingat.
    Karena di sana kami mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, sebagai awal dari fase kehidupan kami yang lebih luas dan lebih menantang lagi!
    Jazakallahu khoir semuanyaaaa!!!😀

    Jadi kangen sama kopi buatan Pak Made, makan siang olahan Mbak Sarah dan nyamannya meja kerja saya:mrgreen:

  • aRuL says:

    udah buat laporannya?
    eh hati2 lho pasang denah, ntar salah2 ada yg niat jahat di kantor itu, who knows😀

    ghaniarasyid™ answers :
    Masih dalam proses🙂 .
    Ndak masalah mas, DSDP proyeknya udah selesai kok. Sudah cuci gudang:mrgreen: .
    Kantornya mau dipugar, dijadikan kompleks Werdhapura yang lebih bagus dari sekarang😀

  • Hasan Seru says:

    ghani… masih di bali toh? atau balik lagi ke bali? KP blom selese ya? Tarawih tiap malam di manarul yuk….

    ghaniarasyid™ answers :
    Mas ini mengecewakan…
    Masa ndak ngikuti postingan-postingan saya sebelumnya?😥
    Saya lebih enak jama’ah tarawih di masjid belakang rumah😀 .

  • eMo says:

    sori ghannnnn.. M baca ga katam😀

    ghaniarasyid™ answers :
    Tapi kok ya sempet-sempetnya komen🙄 .
    Jazakillahu khoir udah nyempetin diri untuk mampir😀 .

  • vaepink says:

    Maaf yah yang atas blom selesai dah terkirim, enggak sengaja😀

    KP tuh pengalaman yang seru banget karena kita bisa tahu langsung dunia kerja itu seperti apa…. dulu juga aku pernah KP di Bank Indonesia n takkan pernah terlupakan….🙂

    ghaniarasyid™ answers :
    Hee:mrgreen:
    Iya, apalagi saya yang awalnya masih kagok dengan AutoCAD, dipaksa untuk jadi drafter😀 .
    Alhamdulillah bisa juga ternyata😛

  • yakhanu says:

    hehehe postingan bagus….
    unik
    salam kenal🙂

    ghaniarasyid™ answers :
    Syukron, jazakallah😀

  • hanggadamai says:

    *garuk2 pala dan perut*:mrgreen:

    ghaniarasyid™ answers :
    Maksudnya apa?🙄

  • Daru says:

    mas piye wez mari acara BAli ne?
    btw, eco campus iku opo ya mas?!?!
    aku oleh tugas cari tau niy kan ITS dah eco campus yak!!?

    ghaniarasyid™ answers :
    sudah selesai😀 .
    Eco Campus?
    Hmm…
    Coba cari di google untuk lebih lengkapnya.
    Juga link-link ini…
    http://www.mathematics.its.ac.id/index.php?exec=newsdetail&NewsID=576
    http://akuinginhijau.wordpress.com/2008/08/12/jalur-hijau-untuk-sepeda-di-ui-depok/
    http://www.eco-campus.net/index.en.html

  • “Ngrasani” wong iki…. hehehehe

    ghaniarasyid™ answers :
    Bukan ah, ini sebuah testimonial😉

  • Pujangga says:

    Waduh….duh….duh…
    ya …. gitu juga boleh!!!😆 he..he..he….

    ghaniarasyid™ answers :
    Apanya yang boleh juga?😕

  • semoga hari2 disana bermanfaat

    ghaniarasyid™ answers :
    Memang bermanfaat.
    Makasih udah berkunjung😀 .

  • azkaa,, says:

    alhamdulillah kalo udah selese.. semoga (dan pastinya) banyak membawa keberkahan ya.. ^^

    udah pernah berinteraksi dengan orang jepang dan taiwan apa yang paling signifikan bedanya dengan orang indo?

    Ghani Arasyid’s answer :
    InsyaAllah… Amiin yaa Robbal ‘Alamiin.
    Hmm, beda yang paling signifikan antara kita dengan mereka adalah etos kerjanya.
    Mereka begitu semangat kerja, meskipun itu adalah pimpinannya sekalipun.
    Tidak ada sama sekali yang nyantai dalam ngerjakan sesuatu.
    Sesuatu yang patut kita semua contoh😀

  • mahabbahtedja says:

    nama saya kok tidak disebut…
    wah lali yoo
    awas we…

    Ghani Arasyid’s answer :
    Lho, antum kan ndak kerja praktek di DSDP😛

  • yellashakti says:

    wes bar tho KP-nya
    selamat menikmati sejuknya Ramadhan🙂

    Ghani Arasyid’s answer :
    Sudah…
    Sama-sama😀

  • cunxcunx says:

    akhirnya d sby jugaaaa,,,
    ^^

    Ghani Arasyid’s answer :
    Sudah lama mbak:mrgreen:

  • dida beserta keluarga (meskipun belum berkeluarga) mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

    Ghani Arasyid’s answer :
    Amiin, Wa fiyki taqabbalallahu…

  • Anggia Retno says:

    Hi, saya mahasiswa TL angkatan 2006, boleh nanya ga gimana caranya bisa kerja praktek di DSDP? Trus bisa minta no atau email contact person disana ga?
    Sebelumnya makasih banyak ya

  • Kalo no. e-mail saya gag punya😦 .
    Kamu browsing aja di google tentang nomor yang bisa dihubungi, karena dulu saya KP-nya lewat dosen jurusan yang jadi team leader konsultan di sana🙂

  • Anggia Retno says:

    Iya udah dpt koq berangkat 2 orang ntar Juli, kalo boleh tau dulu disana dapet topik/tema kpnya apa?
    Masih bingung niy mau temanya apa… Ada masukan ga kira2 judul topik apa yang berhubungan dengan DSDP?
    Thank’s banget ya

  • Udah saya jawab di postingan sebelumnya…
    Coba aja review, kalo ga bisa lagi coba tema perencanaan ulang atau evaluasi SPAB🙂
    Sama-sama…

  • agus says:

    dasar gk ada yg jlas contoh rancangan bangunan lantai2

  • addi ni made says:

    Kira2 donk klo mo ngulas detailnya… bu diani ja complaint emangnya dia tukang ngecek gambar. Ga kale…. dia speasialist ngitung dsdp klo dah operate..rugi apa untung …gituh. klo mas rai…calm ga buanget…… di tempat kerjaqu yang baru…. dia banyak buanget ngomongnya… Ga jls and Ga tuntas…

  • kelihatan gag baca bener-bener nih.
    kan yang saya tulis…

    Beliau mengecek perhitungan-perhitungan dari drawing AutoCad serta dari excel

    :mrgreen:

    karena saya tahu persis, beliau selalu buka dua program… AutoCad + Excel, karena tempat duduk beliau tepat di belakang saya. DSDP lantai dua semuanya berkaitan dengan teknis🙂

    Kalo bli Rai di DSDP calm banget, mungkin di tempat kerja yang baru ketegangan lebih bisa teredakan… saya cukup akrab lho dulu sama dia ^^

  • Mohammad Nur Hasan says:

    Weleh ada orang di DSDP-1 ga kenal sama Mohammad Nur Hasan ?

    Dipastikan, penulisnya ga gaul pisan hahahaha….

    Salam, I love you all…………….

  • saya di DSDP 2 dalam rangka Kerja Praktek, Pakdhe. maklum kalo nggak tahu:mrgreen:

  • tony says:

    sweet memories!!!
    ingin rasanya kembali kumpul2 sambil belajar
    salam untuk smua mantan personel DSDP.
    by tony

  • wah, mas Tony😀
    apa kabar, sampeyan sekarang di mana?🙂

  • tony says:

    kabar baek, msh ingat ta? skrg lg da ksibukan seru apa lagi ni? aq skrg lg cari pengalaman baru di ujung p.jawa. gmn msh kontak dgn para mantan personel DSDP ga? tau nich pada kmana skrg!

  • ya masih inget, mas. sampe aku review di postingan ini😀
    aku kerja di Sidoarjo ini, di WWTP.
    yang masih tetep kontak ya sama mbak Eka jilbab, soalnya suaminya kebetulan advisor di tempatku sekarang😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading DSDP 2 : all works finished today at chasing the pretty rainbow™.

meta

%d bloggers like this: