solusi : shalat wajib vs jadwal kuliah

September 17, 2008 § 25 Comments

senja di kampus TL

senja di kampus TL

Di masa perkuliahan ini, kadang ada beberapa atau bahkan banyak sekali jadwal kuliah yang memotong waktu shalat wajib atau tepat dimulai saat masuk waktu shalat wajib. Misalnya jadwal kuliah pukul 11.00 WIB yang di dalamnya bentrok dengan waktu shalat Dhuhur sekitar pukul 11.35 WIB, juga saat kuliah pukul 15.00 WIB dimana bentrok dengan pelaksanaan shalat Ashar yang waktunya sama.

Masing-masing jadwal kuliah baik pukul 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB punya hambatannya masing-masing. Pada kuliah pukul 11.00 WIB, kita harus memotong saat dosen sedang menerangkan suatu mata kuliah dengan meminta ijin kepada beliau untuk memperbolehkan kita keluar ruangan. Sedangkan pada kuliah pukul 15.00 WIB, resiko lebih tinggi karena kita bisa-bisa tidak diperkenankan masuk oleh dosen karena terlambat sampai beberapa menit karena ikut shalat berjama’ah di masjid kampus. Yang lebih riskan lagi adalah saat jadwal ujian ada pada waktu-waktu tersebut. Untuk diketahui, kampus saya di Teknik Lingkungan ITS bisa mendengar adzan dari masjid kampus, Manarul Ilmi.

Padahal sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang hal ini telah jelas :

Pertama

Artinya : “Barangsiapa mendengar seruan adzan tapi tidak memenuhinya, maka tidak ada shalat baginya kecuali karena udzur” [Hadits Riwayat Ibnu Majah 793, Ad-Daru Quthni 1/421,422, Ibnu Hibban 2064, Al-Hakim 1/246]
Pernah ditanyakan kepada Ibnu Abbas, “Apa yang dimaksud dengan udzur tersebut?” Beliau menjawab, “Rasa takut (tidak aman) dan sakit”


Kedua

Diriwayatkan, bahwa seorang buta datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata : “Wahai Rasulullah, tidak ada orang yang menuntunku pergi ke masjid. Apakah aku punya rukhshah untuk shalat di rumah?” kemudian Beliau bertanya,
Artinya : “Apakah engkau mendengar seruan untuk shalat?” ia menjawab, “Ya”. Beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata lagi, “Kalau begitu, penuhilah!” [Dikeluarkan oleh Muslim, kitab Al-Masajid 653]

Dan jawaban dari Ustadz Yasin, pengasuh Ma’had Thaybah Surabaya, pada saat bedah buku “Mengenal Allah Melalui Dalil dan Logika”, pada hari Jum’at ba’da Ashar yang lalu, semakin mementapkan hati ini untuk tetap memenuhi panggilan shalat Dhuhur dan Ashar saat kuliah berlangsung dan menjelang, kecuali saat ujian.

Ustadz Yasin mengemukakan jawaban yang sungguh masuk akal dan tepat; Shalat wajib adalah hukum Allah, sedangkan jadwal kuliah adalah hukum yang dibuat oleh manusia. Maka sesungguhnya yang wajib menyesuaikan adalah hukum yang dibuat oleh manusia, yaitu jadwal kuliah yang seharusnya mengalah pada jadwal shalat wajib.

Jadi, solusi dari masalah jadwal kuliah yang bentrok dengan waktu shalat wajib ini adalah…

Kuliah pukul 11.00 WIB
Kita minta ijin pada dosen untuk shalat Dhuhur di tengah kuliah kecuali pada saat ujian, ketika waktu shalat Dhuhur sudah masuk. Kita sebaiknya mengusahakan semampu kita, mengingat begitu jelasnya sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tentang seruan adzan dan shalat berjama’ah. Namun apabila dosen tidak mengijinkan, maka kita harus mematuhinya.

Berdasarkan hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam :

Artinya : “Seorang muslim wajib patuh dan taat (kepada umara’) dalam saat lapang maupun sempit, pada perkara yang disukainya ataupun dibencinya selama tidak diperintah berbuat maksiat, jika diperintah berbuat maksiat, maka tidak boleh patuh dan taat.” [dari kitab Muraja’att fi fiqhil waqi’ as-siyasi wal fikri ‘ala dhauil kitabi wa sunnah, edisi Indonesia Koreksi Total Masalah Politik & Pemikiran Dalam Perspektif Al-Qur’an & As-Sunnah, hal 24-29 Terbitan Darul Haq, penerjemah Abu Ihsan Al-Atsari]

Kuliah pukul 15.00 WIB
Kita taruh dulu tas di dalam kelas dan segera menuju masjid kampus apabila dosen belum datang. Apabila dosen sudah datang, maka bisa seperti cara pada saat pukul 11.00 WIB di atas. Apabila dalam tas kita ada barang berharga, kita minta tolong pada teman yang telah kita percayai untuk menjaga tas tersebut agar tetap aman, atau lebih baik kita taruh buku kita di suatu meja dan tas kita bawa ke masjid. Hal ini juga merupakan hal yang cukup penting mengingat keamanan di kampus kadang-kadang mempunyai resiko yang tinggi.

Wallahu a’lam bish shawab.

Tagged: , , ,

§ 25 Responses to solusi : shalat wajib vs jadwal kuliah

  • Afra Afifah says:

    hmm..di UI jg gitu .. kuliah dr jam 10.30-jam 13.00
    kalau dulu di SMA sih adik2 aja..ngabbur pas adzan dzuhur it’s ok… santai ama guru…ato izin.. lagian, slese skolah jam 13.30

    tp klu di kulia agak susah yah emang.. tp di usahakan bs insyaAllah..aplg bg pr ikhwan : )

    smangat terus teman~!

    Ghani Arasyid’s answer :
    Syukron sharingnya Ukht Afra😀
    Ukhty mengingatkan kenakalan masa lalu saya di SMA yang juga sering kabur😳
    Ya, karena tidak ada halangan bagi ikhwan untuk tetep shalat jama’ah…

  • Afra Afifah says:

    eh itu bukan adik2 aja..maxudnya asik2 aja😀 salah ketik😳

    Ghani Arasyid’s answer :
    Halah:mrgreen:

  • l5155st™ says:

    “Dan jawaban dari Ustadz Yasin, pengasuh Ma’had Ath-Thayyibah Surabaya, pada saat bedah buku “Mengenal Allah Melalui Dalil dan Logika”, pada hari Jum’at ba’da Ashar yang lalu, semakin mementapkan hati ini untuk tetap memenuhi panggilan shalat Dhuhur dan Ashar saat kuliah berlangsung dan menjelang, kecuali saat ujian.”

    1. Nama ma’hadnya “Thaybah” akhi, bukan Ath Thayyibah…buka di http://thaybah.or.id

    2. Postingan yang bermanfaat insya Allah.

    Ghani Arasyid’s answer :
    Jazakallahu khoir atas koreksinya, akhi…

  • aRuL says:

    bukannya belajar itu jihad juga yah?🙂

    Ghani Arasyid’s answer :
    Iya😀

  • aRuL says:

    kita pandai2nya menyiasati waktu, seperti yang dilakukan ghani ini🙂

    Ghani Arasyid’s answer :
    InsyaAllah bila dikerjakan dengan ikhlas pasti bisa😀

  • aboezaid says:

    jika dosen tetep kagak ngizinin qita untuk sholat jama’ah…sebenarnya itu bukanlah udzur…
    memang menuntut ilmu itu merupakan hal yang mulia dalam dien ini…tapi kita lihat, dalam perkara2 yag diperintahkan, ada skala prioritas, ada yag terpenting, kemudian penting, dst..
    sedangkan perkara shalat, merupakan hal yang terpenting…
    bahkan dalam keadaan perang saja kita masih diwajibkan untuk shalat berjamaah!

    solusi:
    jika emang kondisinya demikian (dosen ga ngizinin kita keluar karena alasan pengen shalat) kita izin aja ke dosen tersebut klo kita pengen ke “keluar sebentar”…trus kita “kabur” ke masjid untuk menunaikan panggilan Rabb..mudahkan?

    toh apakah dosen tersebut juga tetap tidak ngizinin mahasiswanya klo mereka ingin izin ke toilet? pasti diizinkan kan?
    kita mo ke toilet lama ato sebentar toh dosen juga ga mo peduli kan?

    maka lebih ahsannya kita izin keluar untuk shalat (karena ini perkara sangat penting)…
    dan yang dimaksud menuntut ilmu yaitu ilmu dien, sedangkan kuliah kita pada umumnya hanyalah perkara dunia…

    alhamdulillah di kampus ana walo jadwal sholat dan kuliah bentrok, toh ana tetep bisa shalat…ana izin ajah mo keluar/ kebelakang (untuk kemasjid dan sholat maksudnya)…dosen juga ga mau tau apa yg kita lakukan di luar kelas….

    so..ga ada alasan untuk meninggalkan sholat jama’ah hanya karena kuliah…kuliah cuma perkara dunia bung…

    Ghani Arasyid’s answer :
    Jazakallahu khoir atas tambahannya, akhi…

  • Bangzenk says:

    Coba dikomunikasikn dg dosen ybs. Insya allah lbh ahsan. Apalagi jk dosen ybs jg muslim. Hal lainny jg,bukankah tmn2 jg byk yg muslim? Insya allah tambah berkah🙂

    Ghani Arasyid’s answer :
    InsyaAllah, tapi kebanyakan memang peraturan dari kampus cukup ketat dan tergantung dosennya.

  • Namada says:

    memang berat ya..
    tapi sebisa mungkin coba kita penuhi kewajiban kita..
    Insya Allah, Allah pasti ngasih kemudahan kalo kita ikhlas🙂

    Ghani Arasyid’s answer :
    Amin.
    Barakallahu fiika…

  • Hasan Seru says:

    Ghan.. 4 tahun kuliah kagak pernah aku kepikiran seperti itu, kamu hebat!

    Ghani Arasyid’s answer :
    Biasa aja mas, saya sebenarnya juga terinspirasi dari temen saya yang selalu minta ijin keluar saat adzan dikumandangkan di tengah-tengah kuliah di semester-semester yang lalu.

  • awisawisan says:

    assalaamu’alaykum
    wah, sibuk.. :mrgreen:

    Ghani Arasyid’s answer :
    ‘Alaykumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.
    Sibuk apa, ukhti?
    Ndak tuh…😀

  • dee says:

    eh dulu SMA juga sering kabur ya gan?? wah.. wah.. sama dooong!! hwehehe.. tapi kok jarang ketemu ya? dikau ngaburnya di kantin mami atau perpus neh?! hehe..

    kapan ngajarin ngebLog neh!! jangan Lupa, qt dah 9 Tahun bersama Lho ya!!! SMP,SMA,KULIAH, udah gitu sering satu asdos pisan, walah..! (sbnrnya bosen, hehe)
    awas kLo ga mau ngajarin!!!!
    mana baktimu anakku..? ;p

    Ghani Arasyid’s answer :
    Saya mah dulu waktu SMA ngaburnya di kantin mami sama temen-temen, ukhti😳
    InsyaAllah abis lebaran bisa intensif ngajarin anti.
    Iya:mrgreen:

  • bayu200687 says:

    duh, jadi malu…
    waktu kuliah lebih banyak speechless. diem aja…

    Ghani Arasyid’s answer :
    Nah, mulai sekarang harus diubah, akhi😀
    Semangat!

  • azkaa,, says:

    kalo di ipebe dosennya banyak yang pengertian kok, dia bahkan bilang silakan buat yang mau sholat dulu, asal gantian.. =)

    Ghani Arasyid’s answer :
    Alhamdulillah kalo gitu, ukhty😀

  • winsolu says:

    masyaAllah jangan sampai deh ninggalin shole satu kali aja, karena termasuk dosa besar bagi orang yang sengaja meninggalkan sholat tanpa uzur yang jelas… apalagi kuliah.

    Ghani Arasyid’s answer :
    Jazakallahu khoir atas penegasannya, akhi😀

  • masbadar says:

    wah, rame banget.. nih para blogger mahasiswa..
    pakabar akh ghaniar..?

    Ghani Arasyid’s answer :
    Alhamdulillah baik-baik saja, akhi😀

  • kak, aku punya PR buat kakak tolong dikerjakan ya (maksa mode: ON). silakan kunjungi blog akuh. maaf sekali sudah ngerepotin

    http://punyadida.wordpress.com/2008/09/23/pr-serba-salah-hohoho/

    Ghani Arasyid’s answer :
    Wah, adiknya Ukhty Afra ini ada-ada saja😛
    Ya, segera meluncur ke sana😀

  • Saya bersyukur, di Fasilkom UI, tanpa disiasati insya Allah sholat jama’ah bisa kena semua.

    ~ga ada kuliah di antara jam12-13 (waktu sholat Jakarta beda sama Surabaya😀 )
    ~Kalau ashar? Mirip-mirip lah sama dhuhur🙂

    Tips yang bagus.

    Ghani Arasyid’s answer :
    Subhanallah, enak sekali ya di Jakarta😀

  • mahfuzhoh says:

    Subhanallah….KEREN !!!!

    Fastaqim ya akhy…

    Ghani Arasyid’s answer :
    Jazakillahu khoir atas apresiasinya, ukhty🙂

  • Sadat ar Rayyan says:

    Ketika saya kuliah dulu, pas adzan berkumandang.. cuma diam sejenak. Berhenti aktifitas. Habis itu..lanjut lagi kuliahnya. Jadi, kita2 ngabur dan terus terang pada pak / bu dosen. “Mo sholat dulu pak”. Alhamdulillah, dosen selalu mengiyakan. Tapi kita belum bisa mengajak yang lain..

    Ghani Arasyid’a answer :
    Subhanallah😀

  • adammuhammad says:

    bagus.bagus. semoga barakah

    Ghani Arasyid’s answer :
    InsyaAllah😀

  • Tulisannya bagus nih, dahulu hal ini yang menyebabkan saya resign dari tempat kerja saya, karena waktu sholat jum’at nya — waktu istirahat hari jum’at mulai pukul 11:45,

    Ghani Arasyid’s answer :
    Subhanallah🙂
    Benar-benar tawadhu’

  • ardi says:

    matur nuwun, ngelingke sing “sok” kelalen/nggampangke waktu sholat amargo, kesengsem/asyik karo gaweyan….

    Ghani Arasyid’s answer :
    Menika Pak Dhe tho?
    Wah, mesthi saking blog-ipun Pak Gus Ali😀

  • Fikri Faris says:

    hmm, brhubung aku jg selalu mengalami hal yg sama, ada tips dikit nih, terutama kalo kita ngga enak terlalu lama ninggalkan kuliah ketika sholat: sebelum kuliah sebaiknya sudah dalam keadaan berwudhu dan menghadiri sholat pas iqomah. Hanya ruginya kita ngga bisa sholat sunnah😦, btw kalo kita atw dosen cukup cuek dengan hilangnya waktu kuliah so nyante aja, datang sebelum iqomah lebih afdhal, sempet sholat sunnah kan ^^.
    Trus jangan lupa doakan dosen2 kita supaya terbuka hatinya dan bisa sholat bareng kita (aamiin..). Wallahu’alam.

    Ghani Arasyid’s answer :
    Jazakallahu khoir atas tips-nya😀

  • dhanie-K says:

    Istiqomah butuh niat & usaha yang gigih..
    🙂

    Ghani Arasyid’s answer :
    Benar😀
    Jazakallahu khoir…

  • andyan says:

    setuju
    biarin ketinggalan beberapa menit materi
    kan bisa dipelajari atau ditanyain temen
    yg penting sholatnya kann

    Ghani Arasyid’s answer :
    Yup!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading solusi : shalat wajib vs jadwal kuliah at chasing the pretty rainbow™.

meta

%d bloggers like this: