I write memories, not tragedies

April 19, 2009 § 28 Comments

time_by_martybell

Hari-hari perkuliahan belakangan ini bagiku terasa sangat hambar.
Bukan karena malas atau sudah merasa sok pintar, tapi terlebih karena semester ini seharusnya adalah semester terakhirku di kampus Teknik Lingkungan (TL) ITS itu.
Ya, keinginan untuk lulus tepat empat tahun semenjak menjadi MaBa nan gundul itu harus tertunda hingga target IPK >3,00 tercapai (diperkuat dengan tidak diluluskannya 12 orang -termasuk aku- dalam mata kuliah AMDAL).

Tapi aku tahu, tak ada yang perlu disesali pada hal-hal yang sudah sangat terlambat untuk diperbaiki (nilai-nilai “parah” di semester 1 & 2).
Karena segala sesuatu yang telah berlalu harus menjadi pelajaran bagi kita agar tak terjatuh lagi.
Harus bangkit dengan penuh semangat, se-semangat saat aku masih menjadi MaBa nan gundul dan begajul™ itu.

Meskipun dulu sempat mengalami hari-hari terburuk di dunia, seakan dalam hari-hari itu seorang Ghani Arasyid sudah mati.
Kejadian yang menyisakan coretan-coretan penuh kemarahan di dinding kamar, juga bekas luka yang mengering dari darah yang menetes dari kepala dan kepalan tangan.

Atau “Lover Aspiration” yang terjadi padaku di tahun 2007 itu, begitu cepat dan terlalu singkat.
Diiringi oleh theme song Math Rock/Experimental-nya band asal Philadelphia, US; Circa Survive.
Diakhiri dengan sebuah kesalahan fatal yang membuat keadaan jiwa semakin tak stabil, menghentikan itu semua, dengan background sebuah tindak vandalisme.

Sampai akhirnya kutemukan cahaya yang terang, menerangi jiwa.
Tidak secara instan, tapi perlahan-lahan hingga sekarang.
Meskipun sempat menangis dengan air mata darah di bawah sinar mentari yang terang benderang, pengalaman di Pulau Dewata itu mengembalikan lagi cahaya-cahaya yang mulai tenggelam.

Karena aku menyadari, perubahan ke arah yang lebih baik adalah mutlak diperlukan oleh setiap insan.
Karena kesedihan akan terhapus oleh hujan, menyembunyikan air mata yang meleleh.
Karena harapan dan impian kita masih ada, selagi kita mau berusaha mencapai keinginan-keinginan itu.
Sebagaimana begitu bersemangatnya kita saat fajar, saat mentari muncul dari balik kegelapan.
Sebagaimana senyum yang selalu mengembang dari wajahku saat melihat indahnya dunia ketika senja tiba.

Itulah alasan mengapa aku selalu melihat ke masa lalu untuk tetap berlari -sebuah pertanyaan dari seseorang yang mengeluh di kala senja-.
Karena aku tahu, ada sejumput berlian di antara kenangan-kenangan yang terserak itu.
Karena bintang-bintang masih sudi menghangatkan luka-luka yang membeku.

Kini segalanya sudah tampak jelas di hadapanku.
Meski dunia perkuliahan semakin hambar untukku, semangat untuk meningkatkan prestasi akademik dan menyelesaikan kuliah semakin berkobar-kobar.
Tak akan kusia-siakan detik-detik akhir di masa kuliah ini.
Karena mimpi-mimpi indah tetap hidup di tengah mimpi-mimpi burukku.
Menata kembali peta hidup yang kusam dan berantakan.

Terus berlari…

P.S.:
Ada sesuatu dari peta hidup yang aku tambahkan di dalamnya, yaitu segera menikah dua tahun lagi dari sekarang setelah mendapatkan pekerjaan (baru bisa lulus kuliah bulan Maret tahun depan) -meskipun belum ada calonnya-😳

~written by Ghani Arasyid, April 19th 2009… under the light of the silver crescent moon~

Tagged: , , ,

§ 28 Responses to I write memories, not tragedies

  • bayu200687 says:

    menikah 2 tahun lagee?
    kelamaan brader….
    ntar ga tahuan lho…😀

  • Itu sebenarnya target, waktu kira-kira dimana aku udah dapetin pekerjaan tetap.
    Tapi doain saja Allah mempercepatnya, sehingga bisa segera kusempurnakan separuh dien😀

  • l5155st™ says:

    MKL…?
    Kuliah…?
    Kerja Praktek…?
    Tugas Akhir…?

    rasanya ingin segera mengakhirinya…

    semoga nanti kita mendapatkan teman2 dan “teman” yang baik akhi…

  • vaepink says:

    wow… 2 tahun lagi ghani nikah😉

  • afaninhuwaidatunnisa says:

    “keinginan untuk lulus tepat empat tahun semenjak menjadi MaBa nan gundul itu harus tertunda hingga target IPK >3,00 tercapai (diperkuat dengan tidak diluluskannya 12 orang -termasuk aku- dalam mata kuliah AMDAL).”
    kata teman: orang pintar itu bukanlah orang yang lulus tepat pada waktunya, tetapi orang pintar itu orang yang dapat memanfaatkan ilmu yang ia dapat dengan sebaik-baiknya. hehe benar nggak seh?

    ” -meskipun belum ada calonnya-”
    makanya cepetan nyari….
    ngomporin……..:)

  • Semoga dimudahkan mencari pekerjaan dan memperoleh istri yang sholihah.
    Barakallahu fiik.

    Yang penting sa’iki lulus dulu, kerja, trus..🙂

    Sip!
    Ayo ghan! Semangad! Ketemuan di graha – Insya Allah klo kita lulus-!!
    😀

  • id_mimi says:

    lama tak berkunjung,, blognya semakin inspiratif saja,, ^^

  • fachri says:

    terus maju, jangan menyerah

  • almascatie says:

    semoga nyang baca disini ada cewek yang kegaet dah…

    btw nang cepet lulus pak de😀

  • andyan says:

    wohooooo

    sip dah, jangan lupa undang saya ya nanti nikahannya:mrgreen:

  • Mampir, lama tak berkunjung….

  • @ Akh Didit:

    rasanya ingin segera mengakhirinya…

    Syaratnya satu: lulus dulu🙂

    semoga nanti kita mendapatkan teman2 dan “teman” yang baik akhi…

    InsyaAllah… Jazakallahu khoir😀
    .
    .
    .
    @ Mbak Vae:

    wow… 2 tahun lagi ghani nikah😉

    InsyaAllah, dan semoga mbak Vae segera mendahului saya nikahnya😀
    .
    .
    .
    @ afaninhuwaidatunnisa:

    kata teman: orang pintar itu bukanlah orang yang lulus tepat pada waktunya, tetapi orang pintar itu orang yang dapat memanfaatkan ilmu yang ia dapat dengan sebaik-baiknya. hehe benar nggak seh?

    InsyaAllah benar sekali

    makanya cepetan nyari….
    ngomporin……..:)

    Hmm… : D
    .
    .
    .
    @ Akh Dim:

    Semoga dimudahkan mencari pekerjaan dan memperoleh istri yang sholihah.
    Barakallahu fiik.

    Amiin yaa Robbal ‘alamiin.
    Wa fiyka barakallahu🙂

    Yang penting sa’iki lulus dulu, kerja, trus..🙂

    Bener😀

    Ayo ghan! Semangad! Ketemuan di graha – Insya Allah klo kita lulus-!!

    Jazakallahu khoir…
    Semangat untuk engkau juga😀
    .
    .
    .
    @ id_mimi:

    lama tak berkunjung,, blognya semakin inspiratif saja,, ^^

    terima kasih😀
    .
    .
    .
    @ fachri:

    terus maju, jangan menyerah

    Barakallahu fiik…🙂
    .
    .
    .
    @ almascatie:

    semoga nyang baca disini ada cewek yang kegaet dah…

    Heuheuheu🙄

    btw nang cepet lulus pak de😀

    Yosh!!!😀
    .
    .
    .
    @ andyan:

    sip dah, jangan lupa undang saya ya nanti nikahannya:mrgreen:

    InsyaAllah.
    Kamu kan asalnya Tulungagung, dekat lah…
    Sama-sama Jawa Timurnya😀
    .
    .
    .
    @ Akh Shidiq:

    Mampir, lama tak berkunjung….

    Terima kasih😀

  • ZOEL says:

    yang penting semangat aja

  • Assalammualaykum… sahabat…
    Laaammmaaaa saya gak sempat mampir kesini… maaf… maaf…

    Ha??? AMDAL ya????
    Duh… semoga cepat terlampaui saja semuanya masalah yang ada… (PS:.. mau sedikit berbagi… ada kalanya.. yang dianggap tak baik ternyata adalah berkah untuk kehidupan… sepertiku yang kini makin paham… kenapa DIA memberiku PR yang tak pernah selesai… *gak sempat lulus dari TL*…. Ya… Saya memang tidak “dipersiapkan untuk menjadi wanita karier… tapi saya ada untuk menjadi ibu bagi anak-anakku yang sangat istimewa… *he he he… mudah-mudahan bukan terdengar seperti membela diri* Ya… anak-anak kandungku dan anak-anak lain….Subhanallah *****UPS… tapi jangan ikutan deh…atau merasa terprovokasi..*****)
    Ayooo… semangat lagi….Dunia butuh dirimu… untuk mengembalikan kedamaian di alam ini….

  • @ Zoel Chaniago:

    yang penting semangat aja

    Makasih, mas🙂
    .
    .
    .
    @ Ummu Aini:

    Assalammualaykum… sahabat…
    Laaammmaaaa saya gak sempat mampir kesini… maaf… maaf…

    ‘Alaykumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Ummu Aini.
    Laba’sa🙂

    Ha??? AMDAL ya????

    Iya😦

    ada kalanya.. yang dianggap tak baik ternyata adalah berkah untuk kehidupan… sepertiku yang kini makin paham… kenapa DIA memberiku PR yang tak pernah selesai… *gak sempat lulus dari TL*…. Ya… Saya memang tidak “dipersiapkan untuk menjadi wanita karier… tapi saya ada untuk menjadi ibu bagi anak-anakku yang sangat istimewa…

    Subhanallah…
    Justru itu adalah pilihan yang sangat mulia, insyaAllah
    Karena anti benar-benar mengutamakan kewajiban sebagai seorang Ummi melebih segala cita-cita untuk meraih prestasi di dunia sebagai wanita karier dari perkuliahan…

    UPS… tapi jangan ikutan deh…atau merasa terprovokasi..

    Laba’sa, insyaAllah malah membuat termotivasi kami-kami yang masih belajar tentang menjalani hidup ini

    Ayooo… semangat lagi….Dunia butuh dirimu… untuk mengembalikan kedamaian di alam ini….

    Jazakillahu khoir atas nasehat-nasehatnya, Ummu Aini🙂
    Barakallahu fiyki…

  • - S - says:

    Semangat semangat!!
    Eh, kalo jadi wisuda bulan maret, berarti wisuda ke-100
    Not bad lah..

    *berusaha menghibur😀

  • reallylife says:

    tetap semangat yaaaa

  • @ -S-:
    Terima kasih banyak…
    Yup, dan yang dari angkatan 2005 TL-ITS insyaAllah akan banyak sekali yang wisuda pada yang ke-100 itu ^^
    .
    .
    .
    @ reallylife:
    Makasih banyak, mas😀

  • habib says:

    tetep semangat mas..
    jangan nyerah ya..🙂

  • analogGuy says:

    semoga segalanya bisa Ghani lalui dengan sabar..

  • @ habib:
    Terima kasih🙂
    .
    .
    .
    @ Mas Fikri:
    InsyaAllah, Amiin yaa Robbal ‘alamiinn…
    .
    .
    .
    @ Rian Xavier:
    Makasih🙂

  • bukannya engkau sudah ngasih komen?🙄

  • Afra Afifah says:

    wah postingan lama^^ tp saya di link ^^ kirain postingan baru..apa nt edit ya? kangen banget ama temen2 blogger euy.. tahun 2008..tahun masi pada aktif2nya ngeblog.. where are youu guysss?

  • kok tiba-tiba bisa tahu Bu?😛
    mungkin gara-gara semalam saya edit ukuran pic-nya😀
    iya nih, kita yang blogger angkatan 2008 memang sangat legendaris🙂

  • rukia says:

    oh sudah 2009, jadi apakah statusnya sudah berubah menjadi “menikah”? sudah 2 tahun kan :p

  • masih mencari pekerjaan yang stabil dulu, baru kemudian menikah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading I write memories, not tragedies at chasing the pretty rainbow™.

meta

%d bloggers like this: